Era pandemic Covid-19 memaksa semua Lembaga Pendidikan untuk mengimplementasikan Teknologi Informasi dalam pembelajaran. Para guru dan dosen telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam proses belajar dan mengajar, seperti e-learning, E-Assessment, dan meeting online / kelas online. Pembelajaran yang dilakukan telah memanfaatkan perangkat-perangkat komunikasi yang dimiliki para siswa seperti handphone, tablet,dan komputer.
Pada buku ini penulis menjelaskan bagaimana menerapkan model E-Assessment Diagnostik untuk meningkatkan hasil belajar. Penulis juga menjelaskan secara rinci membangun E-Assessment tersebut, mulai dari kajian teori, membuat soal, Analisis butir soal model Classical Test Theory (CTT), model Item Response Theory (IRT), serta instalasi dan penggunaan aplikasi E-Assessment dengan Flyexam. Melalui buku ini penulis berharap para pembaca dapat membangun sendiri asesmen yang berbasis komputer dan handphone. Pembaca diharapkan dapat secara mandiri menggunakan aplikasi Flyexam untuk membangun E-Assessment dalam proses belajar mengajar serta penggunaan lainnya